RSS

Belajar Membaca yang Menyenangkan

16 Dec

Belajar membaca itu menyenangkan, kok! Betul! Itu yang saya alami selama kanak-kanak belasan tahun silam. Hal yang sama bisa kita terapkan untuk anak-anak kita. Berikut kiat-kiat belajar membaca yang menyenangkan yang saya sarikan dari pengalaman saya pribadi dan dari Oxford Owl [1] :

1. Niatkan untuk membaca dengan gembira

Innama a’malu bi an-niyah. Perbuatan itu ditentukan oleh niatnya. Jika kita ingin anak suka membaca, maka kita harus meniatkan diri kita sendiri untuk suka membaca bersama anak. Tanpa niat baik dan positif dari ayah-bunda, bagaimana anak dapat menyukai membaca?

Jangan pernah mengajak anak membaca dengan niat negatif (takut dia tertinggal di kelas) atau beban (agar sudah bisa membaca bulan depan). Meski anda menutupnya dalam hati, anak akan merasakannya dan tidak nyaman membaca. Percayalah, anak anda akan lancar membaca ketika waktunya sudah tiba.

2. Biasakan membaca bersama anak

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Buah apel jatuh tak jauh dari pohonnya.

Ada banyak kata-kata bijak dalam budaya kita yang mencerminkan betapa perilaku dan kebiasaan anak itu akan mencontoh orang tuanya. Jika kita ingin anak pandai membaca maka sebagai orang tua kita harus memberi contoh pada anak dengan membiasakan diri membaca pula. Yang paling seru: biasakan membaca bersama anak.

Tidak membutuhkan waktu lama, cukup biasakan membacakan satu cerita sebelum tidur pada anak. Insha Allah ini akan menjadi awal kebiasaan membaca yang baik untuk putra-putri anda.

3. Bercerita dan bernyanyi

Ketika anak masih kecil, sesekali selingi bacaan cerita dengan bernyanyi. Ayah dan Bunda dapat memilih lagu-lagu anak yang sederhana dan cocok untuk cerita tersebut atau mengarang sendiri lagu-lagunya on the spot. Percayalah, anak anda pasti akan gembira mendengar nyanyian anda. Tak perlu jadi juara Indonesia Mencari Bakat dulu sebelum bernyanyi bagi anak anda! 😉

4. Menceritakan kembali

Untuk anak yang sudah cukup besar (4-5 tahun), sesekali berhentilah di tengah cerita dan beri satu pertanyaan sederhana pada anak anda terkait cerita tadi. Misal, saat membaca cerita tentang “Kura-kura dan Kelinci”, anda bisa berhenti dan bertanya, “Kenapa kura-kura mengajak kelinci lomba lari?”

Biarkan anak anda menjawab, meski hanya satu kata. Ini akan merangsang daya imajinasi dan penalarannya, sehingga membuat dia lebih menikmati membaca.

Untuk anak yang sudah besar (7-10 tahun), minta dia untuk menceritakan kembali buku yang sudah dibaca pada anda. Agar lebih asyik, bisa menggunakan boneka jari atau kostum yang anda buat bersamanya. Ini insha Allah akan menumbuhkan kepercayaan dirinya sekaligus menumbuhkan minat baca dan penalarannya.

Berikut video Dzakka memceritakan kembali buku Serial Thomas. Apa yang ia ceritakan tidak sama persis dengan bukunya tapi kepercayaan dirinya bercerita layak dihargai! 🙂

 

 

 

[1] Oxford Owl adalah website yang diluncurkan oleh Oxford University untuk membantu orang tua mendampingi anak mereka belajar membaca.

[2] Kura-kura dan kelinci adalah dongeng Aesop dengan judul asli The Tortoise and the Hare.

 

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on December 16, 2014 in Sahabat Membaca

 

Tags: , , , ,

One response to “Belajar Membaca yang Menyenangkan

  1. Momo

    April 19, 2016 at 10:28 am

    wah boleh juga nih 🙂 saya coba deh di rumah 🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: