RSS

Usia dan keahlian membaca

16 Dec

Kadang orang tua galau, anaknya usia segini kok belum bisa baca ya? Anak yang itu usianya sama tapi sudah bisa baca. Tidak hanya di Indonesia kok, di UK sini juga ada sentimen semacam itu. Namun sebenarnya, kita tidak perlu khawatir. Jika kita sudah tumbuhkan budaya membaca yang menyenangkan, insha Allah, anak kita akan tertarik membaca dengan sendirinya.

 

Kalau di UK, kita dapat mengetahui ketrampilan membaca yang pas untuk anak di usia tertentu melalui website pendidikan, salah satunya Oxford Owl yang dikelola oleh University of Oxford ini. Panduan ini tidak sepenuhnya cocok untuk kita di Indonesia karena bahasa yang berbeda, namun setidaknya dapat menjadi gambaran bagi kita.

Untuk anak usia 3-4 tahun:

Awali dengan mengenalkan bentuk huruf dan cara bacanya pada anak. Kaitkan satu huruf dengan satu benda yang sering ia jumpai, seperti “G” dengan “gelas”.

Jika anak sudah mengenal semua huruf, coba rangkai beberapa huruf dalam satu kata singkat, seperti “Kaki”, “Kakak” dan sebagainya.

Untuk anak usia 4-5 tahun:

Mulai kenalkan buku pada anak dengan membacakannya cerita sebelum tidur.

Ajak anak untuk bermain mencari huruf atau kata di halaman yang anda baca. Minta anak untuk membunyikan huruf-huruf di kata tersebut sehingga membentuk satu kata. Misal “emmmm-aaaa-ennnnn-aaaa” untuk “mana”.

Jika anak sudah mahir mencari huruf dan kata, ajak anak untuk memulai membaca bukunya sendiri.

Untuk anak usia 5-6 tahun:

Terus ajak anak membaca dengan menyenangkan. Ajak ia untuk menceritakan kembali buku yang anda baca atau buku favoritnya. Ajak pula ia menulis kata-kata sederhana seperti nama panggilannya, “Ayah”, “Ibu” dan sebagainya.

Ingat, anak akan senang membaca jika ia merasa nyaman. Jangan paksa anak untuk langsung membaca dengan benar. Kesalahan-kesalahan saat membaca itu wajar bagi anak-anak. Nikmati proses anak belajar.

Untuk buku, pilih buku dengan satu atau dua kalimat pendek per halaman. Buku dengan kalimat yang banyak dan panjang lebih cocok untuk anak yang sudah lebih nyaman membaca.

Untuk anak usia 6-7 tahun:

Jika anak sudah nyaman membaca, mulai minta ia membaca lebih banyak buku. Kenalkan buku-buku dengan kalimat yang lebih banyak (2-4 kalimat per halaman). Sediakan waktu khusus untuk menemaninya membaca.

Beri penghargaan jika anak sudah menyelesaikan satu buku. Bacaan yang belum sempurna tidak apa selagi anak nyaman dan merasa dihargai kemampuannya.

Untuk anak usia 7-9 tahun:

Kembangkan minat baca dan kemampuan penalaran anak. Tanyakan beberapa hal dari buku yang ia baca, semisal “Bagaimana perasaan ibu Malin Kundang?” atau “Kalau menurut Kakak, Malin Kundang salahnya di mana?” Minta ia untuk menebak kelanjutan cerita agar daya imajinasinya berkembang.

Jika anak terlihat enggan untuk membaca, jangan paksa.

Anda dapat menyegarkan minat baca anak dengan bermain scrabble, teka-teki silang atau permainan kata lain yang menarik bagi anak anda.

Ingat: lebih baik membaca sedikit tapi sering daripada membaca banyak namun jarang.

Untuk anak usia 9-11 tahun:

Pada usia ini, anak wajarnya telah dapat membaca dengan mandiri. Anda dapat membantu anak anda untuk mengembangkan kemampuan analitiknya dengan menanyakan konsekuensi (misal: “Kalau si pencurinya tidak tertangkap, lalu bagaimana?”) atau membaca hal yang tersurat dalam sebuah cerita (misal: “Kenapa Elsa pergi dari istana?”).

Kenali minat anak anda dan kembangkan minat bacanya dengan memberikan jenis buku yang ia suka. Meski demikian, sesekali berikan jenis buku yang lain untuk menambah pengetahuannya.

Dorong anak anda untuk pergi ke perpustakaan, menjadi anggota book club atau mengikuti lomba yang berhubungan dengan buku. Semakin banyak sahabatnya dalam membaca, akan semakin semangat pula ia!

 

Berikut video Dzakka berlatih membaca setelah tiga bulan di Reception atau nol besar. Sedikit terbata-bata namun menemaninya membaca menjadi pengalaman mengasyikkan buat saya 🙂

 

 

 

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 16, 2014 in Sahabat Membaca

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: