RSS

Buku atau eBook?

30 Dec

Kemajuan teknologi saat ini membuat aktivitas membaca menjadi lebih mudah. Tidak perlu membawa buku setumpuk; cukup dengan satu iPad/Android/tablet lain, anda sudah dapat membawa ratusan buku dan menikmatinya dengan nyaman. Sungguh, sebagai pembaca kelas berat, saya merasa sangat terbantu dengan adanya ebook dan ebook reader yang beraneka rupa. Bahkan sekarang, ketika sedang mengerjakan disertasi pun saya lebih suka menggunakan ebook daripada buku.

 

Tapi kalau untuk mengenalkan budaya baca pada anak saya, rasanya menggunakan buku jauh lebih pas. Saya dulu mencoba menggunakan interactive ebook sebagai teman membaca untuk anak saya tapi hasilnya tidak optimal. Dia justru terganggu dengan fungsi-fungsi sekunder (animasi, game jika ada, suara/musik) sehingga tidak khusyuk membaca. Bahkan membolak-balik halaman sepertinya lebih menarik daripada menyimak isi halaman itu sendiri.

Setelah merasa gagal menggunakan ebook untuk anak, saya pun banting setir, kembali pada buku untuk sahabat membaca. Hasilnya, dia lebih fokus. Kalau pun membolak-balik halaman, dia tetap berinteraksi dengan buku, tulisan dan gambar. Tidak tiba-tiba berubah menjadi game atau animasi. Sekarang, dia lebih suka membaca buku daripada ebook. Mungkin akan tiba saatnya bagi anak saya untuk menggunakan ebook; kelak, ketika dia sudah bisa menikmati membaca tanpa tergoda oleh animasi, game dan aksesoris lainnya yang ada pada sebuah ebook.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Pilih buku atau ebook?

 

Disclaimer: anak saya tetap menggunakan iPad dengan jadwal maksimal dua jam sehari, biasanya untuk menonton Youtube. Acara semacam Charlie and Lola, Octonouts, Super Why dan Numberjacks menurut saya bagus untuk anak. Atau bermain edugames seperti Quarrel yang memadukan merangkai huruf dengan perang-perangan. Jika sudah menggunakan iPad atau komputer di sekolah, tidak lagi menggunakan iPad di rumah.

 

 

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on December 30, 2014 in Sahabat Membaca

 

Tags: , , ,

3 responses to “Buku atau eBook?

  1. Perspektif

    January 8, 2015 at 5:08 am

    Terimakasih untuk sharingnya. Saya nampaknya setuju bahwa membaca buku (hardcopy) jauh lebih baik daripada e book. “Feel”nya lebih dapet. “Aroma” dari buku juga menambah sensasi membacanya ketimbang e book.

     
    • GanjarWY

      January 8, 2015 at 5:11 am

      Saya juga sepakat kalau aroma dan tekstur kertas di tangan meninggalkan pengalaman yang lebih berkesan daripada menyentuh layar tablet 😀

      Terima kasih sudah berkunjung!

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: